Pages

Program Pendidikan Khusus Bakat Istimewa Bidang Seni


SMA Indocement bekerjasama denga Direktorat Pembinaan Pendidikan Khusus (PK) dan Layanan Khusus (LK) Pendidikan Menengah mengadakan Program Pendidikan Khusus Bakat Istimewa Bidang Seni. CERDAS/BERBAKAT ISTIMEWA (Gifted – Talented). Dalam mengidentifikasi peserta didik Bakat Istimewa kami menggunakan pendekatan multidimensional. Artinya kriteria yang digunakan lebih dari satu (bukan sekedar intelligensi). Batasan yang digunakan adalah peserta didik yang memiliki dimensi kemampuan umum pada taraf cerdas ditetapkan skor IQ 130 ke atas dengan pengukuran menggunakan skala Wechsler (Pada alat tes yang lain = rerata skor IQ ditambah dua standar deviasi), dimensi kreativitas tinggi (ditetapkan skor CQ dalam nilai baku tinggi atau plus satu standar deviasi di atas rerata) dan pengikatan diri (Task commitment) terhadap tugas baik (ditetapkan skor TC dalam kategori nilai baku baik, atau plus satu standar deviasi di atas rerata). Tiga komponen ini dikenal sebagai Konsepsi Tiga Cincin dari Renzulli (1978, 2005) yang banyak digunakan dalam menyusun pendidikan untuk anak cerdas istimewa, dan merupakan teori yang mendasari pengembangan pendidikan anak cerdas istimewa dan berbakat istimewa (Gifted and Talented children).